Hari Ini

Cara Mengatasi Kartu Memori Rusak atau File Tidak Terdeteksi

Update Kamis, 06 Juni 2013 at 01.41. Dalam topik Gadget,Komputer,Tips
Advertisements

Cara Mengatasi Kartu Memori Rusak atau File Tidak Terdeteksi - Kumpulan Berita Online kali ini akan membahas tentang Cara Mengatasi Kartu Memori Rusak atau File Tidak Terdeteksi . Mungkin kita pernah mengalami yang namanya file dalam sebuah memori tidak terdeteksi atau bahkan kartu memori rusak. 

Kartu memori pada handphone merupakan kebutuhan yang sangat penting, apalagi internal memory yang disediakan oleh handphone yang kita pakai relative kecil ukurannya. Tentunya kebutuhan akan memori eksternal memang sangat erat dengan banyaknya file yang kita simpan pada handphone kita. Kita akan merasa lebih nyaman bila menggunakan tambahan memori eksternal pada ponsel kita karena akan mempermudah kita kaitannya dengan kapasitas penyimpanan file yang kita inginkan.

Cara Mengatasi Kartu Memori Rusak atau File Tidak Terdeteksi


mengatasi memori rusakMemori eksternal seperti microSD biasanya juga memiliki problem saat menancap pada ponsel kita. Tentunya masalah tersebut akan membuat kita tidak nyaman karena kita tidak bisa membuka file yang ada didalam kartu memori tersebut. Kerusakan pada memori bisa saja karena virus atau masalah sistem didalamnya, namun bisa juga karena masalah hardwarenya atau perangkat fisik dari memori tersebut. Hal yang paling fatal ketika memori tersebut mengalami kerusakan secara fisik, hal tersebut akan sangat sulit untuk kita pecahkan karena kita bukan ahli dalam hal komponen fisik dari suatu rakitan memori.

Secara umum kartu memori rusak pada bagian sistem, bukanlah secara fisik. Beberapa penyebab dari kerusakan tersebut antara lain salah satunya karena kita sering mengeluarkan dan memasukkan secara sering karena tujuan transfer file dari komputer, atau bisa juga karena pengaruh dari medan magnet atau bisa juga karena panas. Biasanya hal tersebut akan menyebabkan memori corrupt. Bila anda mendapatkan masalah seperti diatas yaitu kerusakan karena sistem filenya sehingga membuat memory kita hang atau tidak bisa dibuka isinya maka langkah yang dapat anda lakukan yaitu dengan memformat kartu memori. Berikut dibawah ini langkah memformat kartu memori secara aman :
  • Lepaskan kartu memori anda dari ponsel dengan mengikuti langkah atau aturan yang ada. Biasanya terdapat menu cabut kartu memori sebelum anda melepaskannya dari ponsel.
  • Masukkan memori anda pada card reader dan colokkan pada komputer anda.
  • Selanjutnya cari drive dari kartu memori anda, silakan lihat pada menu windows explorer.
  • Jika memori anda sudah terdeteksi silakan klik kanan dan klik “format”. Jika muncul pilihan format silakan pilih format file FAT dan tunggu proses hingga selesai. Setelah itu silakan coba buka dan isikan file kemudian masukkan pada ponsel anda.

Apabila dengan menggunakan cara diatas muncul pesan eror dan komputer anda sudah tidak bisa memformat dengan cara diatas maka gunakan cara lain yaitu sebagai berikut :
  • Klik Start >> Run >> ketik “CMD” (tanpa tanda petik)
  • Setelah muncul mode DOS prompt ketik FORMAT g: / FS:FAT (g=merupakan drive letak kartu memori, apabila kartu memori anda terletak pada drive h, maka tuliskan h) tunggu hingga selesai.

Bila kartu memori anda tetap tidak bisa, atau tidak terdeteksi sama sekali coba ganti dengan card reader lain. Namun bila tetap tidak bisa kemungkinan kerusakan terjadi dari sisi fisiknya. Solusinya adalah anda harus menggantinya. Perhatikan kualitas merk pada saat anda membeli memori agar awet dan tahan lama.

Sekian yang dapat kami informasikan tentang Cara Mengatasi Kartu Memori Rusak atau File Tidak Terdeteksi. Semoga informasi dalam Kumpulan Berita Online ini dapat bermanfaat dan membatu Anda. Baca juga Cara Menghapus Virus Shortcut

Advertisements

Tulis Komentar Kamu dibawah, menggunakan Akun Google.

3 Komentar untuk "Cara Mengatasi Kartu Memori Rusak atau File Tidak Terdeteksi "
yan arandi mengatakan...

Thx buat infonya, sangat membantu...

10 Mei 2014 06.29

Hasan Basri mengatakan...

Sedikit cerita dulu yh gan ...
Kan gw lagi dengerin lagu pake mp3 setelah ituh gw cabut tapi malah masuk ke dalam gw coba buka dengan gunting kuku nah setelah ituh berhasil ke buka gw cabut trus masukin lagi ke Hp tapi malah gk kebaca ...
Tapi masih bisa di benerin gk?
Tolong solusinya ...

5 Juni 2014 00.25

Satria Wibowo mengatakan...

@ Hasan Basri

Itu yang lempengan kuning di memory kegores Ga Gan...

7 Juni 2014 10.14

Poskan Komentar