Hari Ini

Cara Mudah Membuka File CSV di Excel Agar Tidak Berantakan

Update Kamis, 27 Agustus 2015 at 22.35. Dalam topik Aplikasi,Komputer,Trik
Advertisements

Cara Mudah Membuka File CSV di Excel Agar Tidak Berantakan - Jika Kamu memiliki file hasil download atau hasil kopian dari seorang teman atau dari internet yang menggunakan file ekstensi .CSV, maka secara otomatis file tersebut akan terbuka menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Parahnya, file tersebut akan menjadi berantakan dan tidak akan masuk ke kolom-kolom sesuai yang ada di Excel, dengan kata lain adalah berantakan. Itu dikarenakan isi yang ada di dalam file yang berekstensi .CSV bukan menggunakan tabel, melainkan menggunakan tanda koma (Comma).

Biasanya file dengan ektensi .CSV ini digunakan oleh perusahaan besar, instansi, sekolahan, yayasan atau yang lainnya. Hal ini dilakukan agar pencarian data lebih mudah dengan menggunakan notepad dan wordpad. Juga dikarenakan banyak sekali aplikasi program kasir atau faktur yang secara otomatis akan menyimpan file data dengan ekstensi .CSV.

csv to excel


Sebelum mengetahui cara membuka file .CSV ke dalam Ms. Excel, alangkah baiknya Kamu mengetahui sebenarnya seperti apa isi dari data file yang menggunakan ekstensi .CSV. Berikut ini Aku akan gambarkan secara umum isi dari file yang menggunakan ekstensi .CSV.

klik untuk memperbesar
Nah, sebenarnya data dalam file tersebut sudah dimasukkan ke dalam kolom-kolom yang sudah dipisahkan sesuai judul, hanya saja record dalam basis data tersebut dipisah menggunakan koma, yang akhirnya membuat orang-orang sedikit pusing untuk membacanya.

Jika sudah paham dengan apa yang ada di dalam isi data file .CSV. Kini, Kamu bisa langsung ke dua tahap yang sudah Saya rangkum menjadi lebih mudah untuk dipahami. Berikut ini tutorialnya.

1. Cara Manual

Menggunakan cara manual ini, maka Ms. Excel Kamu hanya mau membuat file .CSV menjadi tidak berantakan hanya ketika Kamu menginginkannya saja. Jadi, setelah Anda ingin membuka file .CSV yang lainnya ke dalam Ms. Excel, maka isi file tersebut pun akan berantakan lagi.

  • Buka file .CSV tersebut.
  • Ketika sudah terbuka, blok semua kolom pertama ke bawah, sehingga data tersebut menjadi terblok.
  • Pilih menu Data >> Text to Coloumns, seperti gambar di bawah ini.
text to coloumns
  • Setelah muncul jendela baru, beri checklist pada pilihan delimited dan buang checklist pada pilihan fixed width. Lalu, klik tombol next.
delimited text to coloumns
  • Buang semua checklist pada menu delimiter, dan beri checklist hanya pada pilihan comma. Kemudian, klik tombol next.
comma
  • Langkah terakhir, Biarkan saja pilihan general yang di-checklist, Kamu hanya perlu menekan klik tombol finish, maka file .CSV di dalam Ms. Excel tersebut tidak akan berantakan lagi.
2. Cara Otomatis

Dengan menggunakan cara ini, maka selama Kamu membuka file .CSV di Excel akan tersusun rapi secara otomatis, ini dikarenakan settingannya menjadi default. Namun, tidak akan merusak file Excel yang lainnya.
  • Buka Control Panel >> Clock, Language, and Region.
control panel
  • Pilih Region.
region settings
  • Ketika muncul jendela, silahkan ganti format negara yang semulanya Indonesia menjadi English (United Kingdom). Dengan cara inilah, maka jika Kamu membuka file .CSV akan terbuka secara rapi.
change format regions

Hasil dari kedua langkah diatas akan menjadi seperti di bawah ini:

hasil convert csv ke excel

Itulah penjelasan dari file .CSV dan bagaimana caranya membuka file .CSV agar tidak berantakan pada Ms. Excel. Demikian yang bisa Aku tutorialkan yang bisa membuat file .CSV Kamu akan bisa terbuka secara rapi.

Rendy Andriyanto

Advertisements

Tulis Komentar Kamu dibawah, menggunakan Akun Google.

0 Komentar untuk "Cara Mudah Membuka File CSV di Excel Agar Tidak Berantakan"

Poskan Komentar